Musyawarah Santri: Zakat Non Muslim

Agama Islam adalah agama rahmatan lil alamin. Salah satu bentuk rahmat tersebut tercermin dalam hukum Islam berupa zakat. Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu. Zakat tidak hanya berkaitan dengan ibadah murni, tetapi juga berfungsi untuk membangun kesejahteraan sesama. Oleh karena itu, zakat disebut sebagai ibadah ghairu mahdlah. Zakat secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu zakat mal dan zakat fitrah atau zakat badan. 

Dalam pendistribusian zakat, setelah terkumpul, zakat diberikan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahiq) di antaranya: fakir, miskin, amil, mualaf, gharim, riqab, fi sabiillah, dan ibnu sabil. Namun, seiring berjalannya waktu, kriteria yang masuk sebagai mustahiq itu bukan hanya orang Islam saja. Pembagian untuk non-Muslim juga dikatakan masuk kriteria. Dengan prinsip kehidupan sosial yang didasarkan pada prinsip keadilan, tidak boleh memandang latar belakang yang berbeda. Siapa pun yang membutuhkan, berhak untuk menerimanya. 

1. Apakah non-Muslim bisa dimasukkan kriteria mustahiq dalam zakat menurut pandangan fikih? 

Pertimbangan: 

Zakat tidak boleh diberikan kepada orang dengan semena-mena begitu saja, akan tetapi harus sesuai ketentuan dan tuntunan syariat dalam pengimplementasiannya, Al-Quran menegaskan bahwa ada delapan kategori yng dapat menerima zakat yang mana delapan kategori itu di sebut sebagai Mustahiq Zakat. 

إنماالصدقات للفقراء والمساكين والعاملين عليها والمؤلففة قلوبهم وفي الرقاب والغارمين وفي سبيل الله وابن السبيل 

(Qs At Taubah 60) 

Jawaban: 

Ada dua pendapat: 

  1. Mengatakan Termasuk, karena Memandang keumuman ayat   dalam mengimplementasikan zakat, 

فأجازوا دفع الزكاة لغير المسلم إذا كان من مستحقيها؛ استدلالًا بعموم آية مصارف الزكاة التي لم تفرق بين المسلمين وغيرهم. 

ويتأكد الأمر عند حلول الوباء برعايا الدولة الإسلامية من غير المسلمين؛ كما فعله سيدنا عمر بن الخطاب رضي الله عنه مع المصابين بالجُذام من غير المسلمين من كفايتهم من أموال الزكاة؛  

العلامة البلاذري في “فتوح البلدان” (ص: 131) 

بينما جمهور الفقهاء قالوا : إنه يجوز أن يعطى للمؤلفة قلوبهم من الزكاة ولو كانوا كفاراً ، لما روى احمد باءسناد صحيح عن انس  أن رسول الله لم يكن يُسأل شيئاً على الإسلام إلا أعطاه ، قال : فأتاه رجل فسأله : فأمر له بشاء كثيرة ) بغنم ( بين جبلين من شاء الصدقة ، قال : فرجع الى قومه فقال : ( يا قوم أسلموا فإن محمداً روی أحمد بإسناد صحيح عن يعطي عطاء من الفاقة » . لا يخشى  

وروى الطبري عن قتادة : « أن المؤلفة قلوبهم أناس الأعراب ومن ومن غيرهم كان النبي الله يتألفهم بالعطية كيما يؤمنوا ) من  

وذكر الرازي في تفسيره : ( فليس في الآية ما يدل على كون المؤلفة قلوبهم مشركين بل قال : « والمؤلفة قلوبهم » ، وهذا عام في المسلم وغيره. ، 

احكام الزكاة على ضوء المذاهب الاربعة ص 49  

Menurut pandangan Imam Abu Hanifah dan muridnya,yang Bernama Muhammad, dibolehkan memberikan zakat fitrah kepada non-Muslim dzimmi yang fakir. Landasan mereka adalah ayat: 

إِن تُبْدُواْ الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لُّكُمْ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّئَاتِكُمْ 

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu.” (QS al-Baqarah: 271) 

Ayat tersebut tidak membedakan fakir yang Muslim dan non-Muslim, kecuali dalam masalah zakat mal, karena ada larangan khusus dalam haditsnya sahabat Mu’adz, yang kedudukannya men-takhsish ayat ini. 

Alasan lainnya, memberikan zakat kepada kafir dzimmi yang fakir adalah termasuk mendatangkan kebaikan kepada mereka, dan hal tersebut bukan merupakan larangan dalam syari’at. 

Syekh Wahbah al-Zuhaili mengatakan: 

وهل يجوز صرفها إلى أهل الذمة؟ قال أبو حنيفة ومحمد يجوز، لقوله تعالى: (إن تبدوا الصدقات فنعما هي، وإن تخفوها وتؤتوها الفقراء، فهو خير لكم، ويكفر عنكم من سيئاتكم) من غير تفرقة بين فقير وفقير، وعموم هذا النص يقتضي جواز صرف الزكاة إليهم، إلا أنه خص منه الزكاة لحديث معاذ، وقوله تعالى في الكفارات (فكفارته إطعام عشرة مساكين) من غير تفرقة بين مسكين ومسكين، إلا أنه خص منه الحربي بدليل حتى لا يكون ذلك إعانة لهم على قتالنا، ولأن صرف الصدقة إلى أهل الذمة من باب إيصال البر إليهم، وما نهينا عن ذلك  

Al-fiqh al-islami wa Adilatuhu juz 3 halaman 310 

Dalam pandangan mazhab Hanbali ditegaskan, boleh memberi zakat (termasuk zakat fitrah) kepada non-Muslim yang menjadi panutan di kelompoknya ketika terdapat salah satu dari dua alasan. Pertama, diharapkan keislamannya. Kedua, ketika dikhawatirkan aksinya dapat menyerang orang Islam. Pemberian zakat kepada non-Muslim dengan ketentuan di atas diambilkan dari bagian muallaf qulubuhum

Syekh Ibnu Quddamah mengatakan: 

المؤلفة قلوبهم قسمان: كفار ومسلمون، وهم جميعا السادة المطاعون في عشائرهم كما ذكرنا 

فالكفار ضربان (أحدهما) من يرجى إسلامه فيعطى لتقوى نيته في الاسلام وتميل نفسه إليه فيسلم فان النبي صلى الله عليه وسلم يوم فتح مكة أعطى صفوان بن أمية الامان واستصبره صفوان أربعة أشهر لينظر في أمره وخرج معه إلى حنين، فلما أعطي النبي صلى الله عليه وسلم العطايا قال صفوان: مالي؟ فأومأ النبي صلى الله عليه وسلم إلى واد فيه إبل محملة فقال ” هذا لك ” فقال صفوان هذا عطاء من لا يخشى الفقر (والضرب الثاني) من يخشى شره فيرجى بعطيته كف شره وكف شر غيره معه. 

فروى ابن عباس أن قوما كانوا يأتون النبي صلى الله عليه وسلم فان أعطاهم مدحوا الاسلام وقالوا هذا دين حسن، وإن منعهم ذموا وعابوا 

Al-syarah al-kabir lil ibni qudamah juz 2 halaman 697 

  1. Mengatakan tidak termasuk, karena salah satu di antara syarat penerima zakat harus Islam. 

ولو أعطاها أي الزكاة ولو الفطرة لكافر أو من به رق ولو مبعضا غير مكاتب أو هاشمي أو مطلبي أو مولى لهما لم يقع عن الزكاة لان شرط الآخذ: الإسلام وتمام الحرية وعدم كونه هاشميا ولا مطلبيا وإن انقطع عنهم خمس الخمس لخبر: إن هذه الصدقات أي الزكوات إنما هي أوساخ الناس وإنها لا تحل لمحمد ولا لآله.-الى ان قال-أو مكفي بنفقة قريب من أصل أو فرع 

فتح المعين بشرح قرة العين بمهمات الدين صـ 253 دار بن حزم 

Dalam mazhab Syafi’i, zakat fitrah tidak diperbolehkan diberikan kepada non-Muslim, baik kaya atau miskin, dzimmi (yang berdamai) atau harbi (yang memerangi). Larangan tersebut juga berlaku untuk zakat mal. 

Larangan tersebut berlandaskan dalil hadits Nabi saat mengutus sahabat Mu’adz bin Jabal: 

صدقة تؤخذ من أغنيائهم فترد على فقرائهم 

“Sedekah yang diambil dari orang kaya mereka (Muslimin), kemudian diberikan kepada orang faqir mereka (Muslimin). (HR al-Bukhari dan Muslim). 

(ولا يجوز دفعها إلى كافر لقوله صلى الله عليه وسلم ” أمرت أن آخذ الصدقة من أغنيائكم وأردها على فقرائكم “) (الشرح) هذا الحديث رواه البخاري ومسلم من رواية ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لمعاذ رضي الله عنه ” أعلمهم أن عليهم صدقة تؤخذ من أغنيائهم وترد في فقرائهم ” وسبق بيانه في فصل نقل الزكاة وغيره ولايجوز دفع شيء من الزكوات إلى كافر سواء زكاة الفطر وزكاة المال وهذا لا خلاف فيه عندنا قال ابن المنذر: أجمعت الأمة أنه لا يجزئ دفع زكاة المال إلى الذمي واختلفوا في زكاة الفطر فجوزها أبو حنيفة وعن عمرو بن ميمون وعمر بن شرحبيل ومرة الهمذاني أنهم كانوا يعطون منها الرهبان وقال مالك والليث وأحمد وأبو ثور لا يعطون ونقل صاحب البيان عن ابن سيرين والزهري جواز صرف الزكاة إلى الكفار. 

المجموع شرح المهذب جـ 6 صـ 228 دار الفكر 

Namun, boleh memberikan bagian dari harta zakat kepada non-Muslim yang menjabat sebagai petugas penimbang, humasi atau penjaga harta zakat. Kebolehan tersebut bukan pemberian atas nama zakat, namun atas nama upah dari pekerjaan mereka (dari bagian amil zakat). 

Dalam kitab al-iqna’ dijelaskan: 

  و ) الخامس (لا تصح للكافر) لخبر الصحيحين صدقة تؤخذ من أغنيائهم فترد على فقرائهم ، نعم الكيال والحمال والحافظ ونحوهم يجوز كونهم كفارا مستأجرين من سهم العامل لأن ذلك أجرة لا زكاة . 

“Dibolehkannya petugas distribusi dan penakar serta yang disebutkan bersama keduanya dari non-Muslim, Bani Hasyim dan Bani Muthallib, sebab harta yang diambil oleh amil adalah upah, bukan zakat, sebab penyewaan jasa mengeluarkan harta tersebut dari zakat secara hakikat, sebagaimana yang disebutkan pensyarah.” (Sulaiman al-Bujairimi, Hasyiyah al-Bujairimi ‘ala al-Iqna’, juz.6, hal.394). 

Sumber: Musyawarah Santri LAKPESDAM NU Sudan pada Sabtu, 4 Februari 2023 DI Wisma PCINU Sudan dalam rangka memeriahkan Harlah 1 Abad NU 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: