Mahasiswa Indonesia Sabet Juara Pertama Perlombaan Pidato Bahasa Arab Internasional

PCINUSUDAN.COM – Salah seorang pelajar asal Indonesia, Ahmad Farhan, berhasil menyabet juara pertama dalam perlombaan untuk memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia pada Ahad (18/12) di Khartoum, Sudan. Ajang yang diselenggarakan oleh International University of Africa (IUA) ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara seperti Sudan, Senegal, Gambia, Indonesia, Nigeria, dan Ethiopia.

Baca juga Nusantaraisasi Bahasa Arab; Secercah Harapan dari Afrika Utara

Farhan sendiri mengaku mengikuti ajang ini untuk melatih public speaking dan mental untuk berbicara di depan banyak orang. Tidak lupa, faktor orang tua juga menjadi motivasinya mengikuti lomba ini.

“Alasan saya mengikuti lomba untuk melatih mental saya dalam public speaking dan untuk membahagiakan orang tua pastinya,” ungkap Farhan.

Ia juga mengakui bahwa ajang ini tidak mudah. Peserta dari berbagai negara yang memiliki pengalaman dan persiapan lebih matang, diakuinya menjadi tantangan dan motivasi tersendiri.

“Tantangan ketika ikut lomba karena (ajang) ini umum. Jadi dihadiri orang Sudan dan (negara-negara) Afrika yang mana mereka memiliki basic dalam bahasa Arab yang bagus. Jadi kita harus berlatih dengan baik agar bisa bersaing dengan mereka. Selain itu juga lomba ini dihadiri para juri yg semuanya adalah para dosen senior dan doktor,” lanjut Farhan.

Farhan merupakan santri Nahdlatul Ulama (NU) Sudan yang dikenal rajin dalam berkhidmah, mengaji, dan kuliah. Ia juga aktif di Kaukabul Fushoha (komunitas bahasa Arab PCINU Sudan) yang melatih dirinya pandai berbahasa Arab.

Saat ini ia merupakan mahasiswa Fakultas Bahasa Arab IUA yang konsentrasi di linguistik terapan. Tidak heran jika ia sangat berminat mendalami bahasa Arab dengan sering-sering praktik seperti mengikuti ajang ini. Ia juga merupakan anggota Lembaga Ta’lif wa Nasyr dan menjadi kontributor tulisan di website pcinusudan.com.

Tulisan-tulisannya bisa kalian baca di: Syekh Abdurrahman Al-Qodiri; Penyair dan Pendidik yang Produktif, Miqat Bir Ali dan Hubungannya dengan Raja Darfur Sudan, Sultan Ali bin Dinar, 7 Kebiasaan Orang Sudan yang Dianggap Unik oleh Orang Asing, Prof. Umar Mas’ud Muhammad Al-Mas’udi; Muqoddam Tarekat Tijaniyah Sudan, dan masih banyak lagi.

Pewarta: Najmuddin

4 Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: