Mengasah Skill Bermedia dan Literasi; LTN dan TMK Membuka Kamp Pelatihan (Bootcamp)

Bootcamp LTNxTMK

PCINUSUDAN.COM – Lajnah Ta’lif wa Nasyr (LTN) dan Tim Media Kreatif (TMK) NU Sudan berkolaborasi dalam menyelenggarakan acara pelatihan yang bernama Bootcamp LTNxTMK. Pelatihan ini bertujuan untuk mencetak kader yang melek media serta literasi. Pada hari ini, Selasa (17/5), bertempat di Wisma PCINU Sudan, panitia sukses menyelenggarakan Grand Opening dan Sosialisasi sebelum dimulainya pelatihan.

Pada acara tersebut, panitia menyosialisasikan apa itu Bootcamp, ketentuan-ketentuannya, serta menfaat yang akan didapat oleh peserta nantinya. Kemudian dilanjutkan sesi pengenalan para pemateri di mana mereka menjelaskan secara umum materi yang akan mereka ajarkan kepada para peserta kelasnya.

Sebelumnya, panitia sudah membuka pendaftaran bagi siapa saja yang berminat mengikuti pelatihan ini. Tercatat ada 41 pendaftar yang antusias mengikuti Bootcamp LTNxTMK ini dengan mengisi Google Formulir yang beredar. Para peserta ini nantinya tersebar di 7 kelas dalam bidang Literasi dan Media.

Bootcamp LTNxTMK yang akan diadakan pada setiap Kamis dan Jumat ini merupakan program pelatihan dengan materi yang relevan untuk kebutuhan zaman sekarang. Sehingga, akan berdampak lebih besar pada peluang karier. Ada banyak program yang ditawarkan, tergantung jurusan dan jenis bootcamp.

Misalnya saja, peserta yang memilih pelatihan bidang media, maka materi yang bisa dipelajari di sana antara lain desain grafis, videografi, dan broadcast. Jika memilih bidang literasi, maka materi yang bisa dipelajari adalah straight news, feature, artikel populer, dan penulisan resensi.

Keuntungan-keuntungan yang didapat pada Bootcamp ini di antaranya adalah peserta yang terbatas sehingga akan membuat pelaksanaan Bootcamp menjadi lebih intensif, tidak dipungut biaya, dan waktu yang singkat namun pengajaran maksimal.

“Kelabihan Bootcamp ini adalah pesertanya yang tidak banyak, hemat biaya, dan hemat waktu,” ujar Koordinator TMK NU, Abdur Rozaq dalam sesi sosialisasinya.

Panitia berharap, dengan adanya Bootcamp ini peserta dapat mengambil manfaat serta mengasah skill yang tidak diajarkan di bangku perkuliahan.

“Pelatihan Bootcamp ini kami rasa perlu diadakan karena tidak pernah diadakan di perkuliahan. Sekaligus bisa menambah skill dan wawasan temen-temen. Makanya LTN sebagai lembaga di bidang literasi dan TMK sebagai tim di bidang media berkolaborasi untuk mengadakan pelatihan tersebut,” ujar Koordinator LTN NU, Lukman Al Khakim dalam sambutannya.

Kelas dan Pemateri yang ada dalam Bootcamp LTNxTMK ini adalah:

  1. Branding Website; Pemateri Falah Aziz.
  2. Desain Grafis via PC; Pemateri Syahiduddin dan Hadziq Mubarok.
  3. Videografi via PC; Pemateri Abdur Rozaq dan Mubarokatul Aulia.
  4. Broadcasting; Pemateri Kays Reza Fahlefy
  5. Desain Grafis via HP; Pemateri Fathul Mubin
  6. Videografi via HP; Pemateri Luthfiana
  7. Jurnalistik; Pemateri Lukman Al Khakim, Najmuddin, Suprianto, dan Muhammad Solahuddin.

Wakil Tanfidziyah sekaligus Supervisor TMK dan LTN NU, Ust. Aklilul Huda, mengapresiasi dan mendukung pengadaan dan inisiatif Bootcamp ini.

“Ketika digagaskan (acara bootcamp ini), kami sangat mensupport bahkan tidak menyangka menemukan konsep pelatihan seperti ini. Kami sangat mengapresiasi,” sambutnya.

Acara Grand Opening dan Sosialisasi ini ditutup dengan doa oleh Ust. Aklilul Huda, lalu dilanjutkan foto bersama.//(Najmuddin)

Baca juga PCINU Sudan Mengeksplor Nilai Intelektual Afrika dengan Diskusi Literasi

One Response

Tinggalkan Balasan